gravatar

studium general

Laporan stadium general

BORDER DIPLOMACY DAN UPAYA PEMAGARAN WILAYAH NKRI.


Indonesia merupakan negara kepulauan yang secara geografis indonesia diapit dua benua dan dua samudera maka tidak dipungkiri lagi masalah border diplomacy sangatlah penting,apalagi semenjak adanya perselisihan indonesia-malaysia tentang status pulau sipadan dan ligitan diekspost ke masyarakat masalah perbatasan adalah masalah pelik yang begitu sangat menyita perhatian masyarakat indonesia apalagi jatuhnya pulau sipadan dan ligitan ke "tangan" malaysia menjadi salah satu barometer masih lemahnya border diplomacy indonesia di kanca dunia .maka dari sebab itu UIN SYARIFHIDAYATULLAH tanggal..................................menagadakan studium general dengan tema BORDER DIPLOMACY DAN UPAYA PEMAGARAN WILAYAH NKRI.

Ibnu wahyutomo sebagai narasumber dari depertemen luarnegeri membawakan tema “Border Diplomacy Dan Upaya Pemagaran Wilayah NKRI” tentang upaya pemerintah indonesia mempertahankan NKRI melalui jalan diplomasi.dimana Indonesia memiliki 3 matra yaitu darat laut dan udara yang harus dijaga dan dipertahankan apalagi diwilayah-wilayah terluar Indonesia.

Perjanjian matra Indonesia dengan Negara –negara yang bersinggungan langsung dengan Indonesia telah banyak dibentuk namun tidak sedikitpula wilayah-wilayah yang masih dalam tahap perundingan.

Dengan melihat fakta tersebut tampaklah Indonesia masih butuh banyak waktu menyelesaikan masalah ini dan sipadan dan ligitan adalah salah satu sub dari masalah perbatasan Indonesia.

Dalam rangka mempertahankan NKRI, Indonesia melalui jalan politik luar negeri telah intensif melaksanakan kebijakan luar negeri yang terkenal dengan dorder diplomacy.

Border diplomacy mencakup empat tugas pokok yaitu penetapan batas Negara,demarkasi batas Negara dan pemanfaatannya,kerjasama perbatasan dan pengelolaan udara wilayah Negara.

Hikmahanto juwana,guru besar fakultas hukum UI.membawakan tema “peranan hukum internasional dalam penyelesaian kasus kasus border diplomacy”tentang peran hukum internasional dalam penyelesaian sengketa internasional,alternative sengketa batas wilayah dalam hukum internasional dengan jalan damai,kekerasan ataupun dengan mengambangkan sengketa wilayah,tentang penggunaan hukum internasional sebagai dasar klaim,juga sebagai peredam konflik bersenjata.juga tentang mekanisme yang pernah ditempuh oleh Indonesia dalam penyelesaian sengketa batas wilayah.

Dr.hasyim djalal pakar hukum laut.membawakan tema tentang hukum laut internasional dan keadaan laut Indonesia dilihat dari segi hukum laut internasional.beliau juga menerangkan sejarah diplomasi laut Indonesia yang dulu berbentuk kantong-kantong wilayah hingga sekarang menjadi satu kesatuan laut Indonesia dari sabang sampai meraoke.

Pengikut